Sunday, August 16, 2009

Sumber Kencono ‘Jumping’ Setelah Tabrak Motor

Minggu, 7 Juni 2009 | 13:03 WIB | Posts by: Sugeng Wibowo | Kategori:

MADIUN | SURYA - Kecelakaan terjadi di ring road di Kelurahan Ngegong, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Sabtu (6/6) pagi. Kecelakan antara sebuah motor dan Bus Sumber Kencono jurusan Solo-Surabaya ini menyebabkan si pengendara motor luka-luka, dan membuat bus sempat jumping alias meloncat ke tengah pembatas jalan.

Penyebab tabrakan diduga karena banyaknya lubang di jalur ring road Kota Madiun. Ring road sepanjang 5,6 kilometer ini dihiasi kubangan-kubangan antara satu meter hingga tiga meter, dengan kedalaman antara 10 sentimeter-30 sentimeter.

Informasi yang dikumpulkan Surya, kecelakaan pada pukul 07.25 WIB itu berawal ketika sepeda motor ‘bebek’ nopol AE 4958 PE dinaiki Taufiq Harum, 25, warga Desa Pandanrejo, Pagak, Kabupaten Malang melaju dari arah selatan menuju utara (arah Surabaya). Diduga lantaran menghindari lobang-lobang di ring road yang rusak berat tersebut, tiba-tiba korban mengambil jalur kanan.

Padahal, pada saat bersamaan, dari arah belakang motor, melaju dengan kecepatan tinggi Sumber Kencono nopol W 6481 FU, yang dikemudikan M Zakaria, 29, warga Desa Dawuhan, Purwoasri, Kediri. Maka, ketika motor pindah lajur kanan menghindari kubangan langsung disantap bus jurusan Jogjakarta-Surabaya itu dari belakang.

Sepeda motor Taufiq pun ringsek, sedangkan pengendaranya mengalami luka-luka pada bagian tangan kanan dan kiri. Adapun Sumber Kencono setelah menabrak motor, bodi kanannya menghantam marka jalan, dan bus baru berhenti setelah jumping dengan posisi bodi bus berada di tengah pemisah jalan pada ring road.

Salah seorang saksi mata yang juga warga setempat, Sukardi, 36, mengatakan bahwa semula dia melihat sepeda motor menghindari kubangan di ring road namun tidak memperhatikan laju bus Sumber Kencono. “Kasat mata, tadi pengendara motor menghindari kubangan-kubangan besar itu. Langsung motor mengarah ke lajur kanan, dan ditabrak bus,” terangnya kepada Surya, Sabtu (6/6).

Kasat Lantas Polresta Madiun, AKP Sutjipto, ketika dimintai konfirmasi menduga kecelakaan tersebut disebabkan pengendara motor dan sopir bus sama-sama menghindari lobang-lobang yang hampir memenuhi jalur ring road Kota Madiun. Saat ini pihaknya masih memeriksa kecelakaan tersebut.
“Sepeda motor dan bus kami amankan, pengemudi bus maupun pengendara motor kami mintai keterangan. Tadi semua penumpang bus dialihkan ke bus lain yang menuju Surabaya,” jelasnya. st14

0 comments:

Post a Comment