Sunday, August 16, 2009

Bus Sumber Kencono Hantam Truk, 7 Luka Berat

Selasa, 26 Juni 2007 - 18:38 wib
SINDO/ari wahyu wibowo - Okezone

KARANGANYAR- Kecelakaan beruntun Selasa (26/6/2007)siang terjadi di ruas jalan raya Solo-Sragen kilometer 12,3 persisnya di DusunNglarangan Desa Kebak Kecamatan Kebakkramat Karanganyar.

Itu terjadisesaat setelah bus Sumber Kencono Nopol W 7991 UN yang dikemudikan WidodoSuharbiyanto,38, warga Rejomulyo RT 10/2 Magetan Jawa Timur, bertabrakan denganTruk nopol H 1885 BY.

Setelahbertabrakan dengan truk pengangkut batu bara yang dikemudikan Aris Budiyono,41,warga Kencono Wungu Tengah 4/21 RT 4/5 Semarang ini, tiga sepeda motor yangberada di belakangnya giliran menabrak bus dan truck tersebut.

Akibatperistiwa ini, 34 orang yang sebagian besar adalah penumpang bus mengalamiluka. Dari jumlah tersebut 7 orang diantaranya mengalami luka berat. Saat ini, parakorban menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) dr Moewardi dan RS dr Oen Solo.Selain mengakibatkan korban luka berat dan ringan, kecelakaan ini jugamengakibatkan jalan raya Solo-Sragen macet hingga 4 jam.

Informasiyang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, kecelakaan yang terjadi sekitarpukul 09.30 WIB ini berawal ketika Bus Sumber kencono jurusanSurabaya-Yogyakarta meluncur dari arah utara menuju Solo.

Ketika hampir sampaidi lokasi kejadian, bus berpenumpang sekitar 54 orang ini bermaksud mendahuluimobil tak dikenal yang ada di depannya. "Sebelumnya kejadian, bus SumberKencono itu telah melewati marka jalan dengan kecepatan tinggi," ujarTeguh,18, salah satu saksi mata di lokasi kejadian.

Namun,belum sempat mendahului dari arah berlawanan muncul truk pengangkut batu barayang dikemudikan Aris Budiyono. Karena jarak yang sudah terlalu dekat, busSumber Kencono kemudian bertabrakan dengan truk tersebut. Sesaat setelah itu,dua sepeda motor giliran menabrak bagian belakang bus Sumber Kencono ini.

DuaPengendara sepeda motor Suzuki Shogun Nopol AD 2462 H Dan Kawasaki Kaze Nopol L3036 LK ini adalahSiswanto,23, warga Kopen Kecamatan Gondangrejo Karanganyar dan Yosua Joko,20,warga Nganjuk Jawa Timur. Akibat menabrak bus Sumber Kencono dari belakang ini,Yosua mengalami patah tulang tangan. Sedangkan Siswanto sama sekali tidakmengalami luka.

Dalam waktuyang hampir bersamaan, Zaid Darmawansyah,29, warga temple RT 1/5 Blimbing GatakSukoharjo yang mengendarai sepeda motor Honda Grand Nopol AD 5457 YD, giliranmenabrak bagian belakang truk yang tengah kecelakaan itu hingga nyungsep."Saat tabrakan terjadi, suaranya begitu keras. Banyak sekali yang terluka,bahkan ada penumpang terlempar keluar dari kaca depan bus yang telah pecah" tambah Teguh.

Mengetahui kejadian ini, petugasSatlantas Polres Karanganyar dan warga di sekitar lokasi kejadian langsungmembawa para korban luka berat dan ringan ini ke RS dr Moewardi dan RS dr OenSolo untuk mendapatkan pertolongan medis. Sementara itu, saat evakuasi bus dantruk yang berada di tengah jalan ini petugas cukup mengalami kesulitan. Sebab,bagian depan bus yang ringsek berhimpitan dengan bagian kanan truk.

Bahkan,ketika dua mobil derek yang didatangkan untuk kegiatan evakuasi juga mengalamikesulitan untuk memisahkan kedua mobil yang saling berhimpitan ini. Akibatsulitnya menyingkirkan bus dan truck dari tengah jalan, arus lalu lintas dijalan raya Solo-Sragen nyaris macet total. Terlihat, tak kurang dari empat jamsetelah kejadian antrian kendaraan panjangnya mencapai sekitar 10 kilometer.

KapolresKaranganyar AKBP Rikwanto melalui Kasat Lantas AKP Suseno ketika dikonfirmasi dilokasi kejadian mengungkapkan, saat ini penyebab pasti kecelakaan masih dalampenyelidikan pihaknya. "Saat ini, kami masih meminta keterangan dari parasaksi yang mengetahui peristiwa itu," kata AKP Suseno. Sementara setelahsempat macet sekitar 2 jam pasca kejadian, arus lalu lintas mulai bisa berjalankembali meski harus merambat.

Sementaraitu, kernet bus Sumber Kencono, Adi Purwanto saat dimintai keterangan polisimengatakan, sebelum mendahului mobil yang ada didepannya, sopir bus sempatmeberikan sinyal dengan menyalakan lampu tiga sampai 4 kali. "sebelummendahului kami sempat ngedim dulu," ujar Adi kepada Polisi di MapolresKaranganyar. (ary wahyu wibowo/sindo/sjn)

Daftarkorban luka berat

1. EkaRanawati,21, Sambinobyong RT 5/5 Klitik Ngawi (RS dr Oen Solo)

2. LilikHarwanto,17, Seman Kediri Jatim (RS dr Oen Solo)

3.Dhalifah,57, Gabru RT 3/1 Gurah Kediri Jatim (RS dr Oen Solo)

4. KotijahMalik,54, Padangan RT 7 Cendono Bojonegoro

5.Tutik,44, Beran Ngawi Jatim (RS dr Moewardi Solo)

6. wanitabelum diketahui identitasnya (RS dr Moewardi Solo)

7. lakilaki belum diketahui identitasnya (RS dr Oen Solo)

SumberSatlantas Polres Karanganyar

0 comments:

Post a Comment